Kediri, Jawa Timur, Indonesia

Satuan

Satuan adalah standar yang digunakan untuk menyatakan berbagai kuantitas fisik, seperti panjang, massa, waktu, gaya, luas, volume, kecepatan, percepatan, dan lain-lain yang diukur. Sistem satuan yang digunakan dalam mekanika berdasarkan Hukum Newton II tentang gerak, menyatakan bahwa gaya sama dengan massa kali percepatan, yang dirumuskan dalam bentuk:

F : m*a                                                                                                                                                 (1-1)

di mana F adalah gaya yang bekerja pada benda (N), m adalah massa benda (kg), dan a adalah percepatan (m/s2).

Secara umum, ada empat sistem satuan, dua dalam sistem metrik (CGS dan MKS), dan dua lainnya dalam sistem Inggris (FPS). Sistem metrik dikenal sebagai sistem absolut (mutlak) yang digunakan oleh fisikawan. Sementara itu, sistem Inggris adalah system gravitasi yang digunakan oleh ahli teknik (enjinir). Perbedaannya, sistem absolut menggunakan standar satuan massa, sedangkan sistem gravitasi menggunakan standar gaya.

Penggunaan sistem satuan yang berbeda oleh ilmuwan, enjinir juga oleh negara yang berbeda di dunia sering menimbulkan kebingungan. Oleh karena itu, pada “Eleventh General Conference of Weights and Measures” yang dilaksanakan di Paris pada tahun 1960 disepakati penggunaan sistem satuan internasional (International System of Units) yang disingkat SI Units. Ada enam satuan dasar dalam SI Units sebagaimana ditampilkan dalam Tabel 1-1.

Tabel 1-1 Satuan Dasar dalam SI Units

No Kuantitas Satuan Lambang
1 Panjang meter m
2 Massa kilogram kg
3 Waktu sekon s
4 Arus Listrik ampere A
5 Temperatur termodinamik kelvin K
6 Intensitas Cahaya candela cd

 

Satuan dari kuantitas turunan diperoleh berdasarkan hukum fisika menghubungkan dengan satuan dasar, selanjutnya diberi nama satuan dan lambang. Sebagai contoh satuan gaya dinamakan newton (N), dan 1 N adalah gaya yang mempercepat massa 1 kg dengan laju 1 m/s2, 1 N = 1 kg.m/s2 (MLT-2). Satuan kerja disebut joule (J), adalah energi yang diperlukan untuk memindahkan gaya 1 N sejauh 1 m, 1Nm (ML2T-2). Tenaga adalah energi atau kerja per satuan waktu dan disebut watt (W). 1W = 1Nm/s = 1 J/s (ML2T-3). Satuan turunan yang sering digunakan dalam mekanik fluida, baik dalam sistem gravitasi metrik maupun SI diberikan dalam Tabel 1-2.

Suripin. 2019. “Mekanika Fluida dan Hidraulika Saluran Terbuka untuk Teknik Sipil”. Yogyakarta: Andi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *