Kediri, Jawa Timur, Indonesia

Definisi Fluida

Fluida dapat didefinisikan sebagai zat yang dapat mengalir. Fluida tidak mempunyai bentuk tetap, bentuknya selalu berubah mengikuti bentuk wadahnya. Pemberian gaya sedikit saja, akan membuat fluida mengalami deformasi yang berlangsung terus-menerus selama gaya tersebut masih bekerja. Ada dua kelompok fluida, yaitu kelompok zat cair (zalir) dan kelompok gas.

Zat cair (zalir) mempunyai volume tetap, hanya sedikit terpengaruh oleh temperatur dan tekanan. Dalam kondisi biasa zalir sulit memampat sehingga dalam tujuan praktis sering dianggap tidak mampu mampat (non-compressible).

Gas adalah fluida yang mampu mampat, tidak mempunyai volume tetap, tetapi selalu mengembang sampai volumenya memenuhi wadahnya, sekalipun hanya terjadi perubahan temperatur yang kecil pada gas mempunyai pengaruh yang besar terhadap volume dan tekanannya.

Fluida ideal adalah fluida yang tidak mempunyai viskositas dan tegangan permukaan, serta tidak mampu mapat. Fluida ideal sesungguhnya tidak ada di alam, hanya ada dalam teori, jadi merupakan fluida imajiner. Hal ini hanya untuk memepermudah analisis gerakan fluida secara matematis. Fluida dengan viskositas kecil, seperti udara dan air, yang di anggap sebagai fluida ideal tidak menyebabkan kesalahan yang berarti.

Fluida nyata (real fluid) adalah fluida yang tersedia di alam. Fluida ini mempunyai sefat-sifat seperti viskositas, tegangan permukaan, dan memampat sehingga selalu timbul gaya pertahanan manakala ada gaya yang bekerja pada fluida tersebut.

 

Suripin. 2019. “Mekanika Fluida dan Hidraulika Saluran Terbuka untuk Teknik Sipil”. Yogyakarta: Andi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *