Kediri, Jawa Timur, Indonesia

Fungsi Perkerasan Jalan

Fungsi utama perkerasan adalah menyebarkan beban roda ke area permukaan tanah-dasar yang lebih luas dibandingkan luas kontak roda dan perkerasan, sehingga mereduksi tegangan maksimum yang terjadi pada tanah-dasar, yaitu pada tekanan di mana tanah-dasar tidak mengalami deformasi berlebihan selama masa pelayanan perkerasan. Secara umum, fungsi perkerasan jalan, adalah:

  • Untuk memberikan struktur yang kuat dalam mendukung beban lalu-lintas.
  • Untuk memberikan permukaan rata bagi pengendara.
  • Untuk memberikan kekesatan atau tahanan gelincir (skid resistance) di permukaan perkerasan.
  • Untuk mendistribusikan beban kendaraan ke tanah-dasar secara memadai , sehingga tanah-dasar terlindungi dari tekanan yang berlebihan.
  • Untuk melindungi tanah-dasar dari pengaruh buruk perubahan cuaca.

Sistem perkerasan harus dirancang tahan-lama, sehingga tidak mengalami kerusakan prematur akibat pengaruh lingkungan (air, oksidasi, pengaruh temperature). Material pembentuk perkerasan jalan, umumnya sangat dipengaruhi oleh faktor kelembaban (kadar air) dan lingkungan. Kelembaban yang berlebihan di dalam struktur perkerasan, umumnya akan berakibat nuruk pada kinerja perkerasan. Hal ini, karena kenaikan kelembaban atau kadar air akan mereduksi kekuatan dan kekakuan material grauler (tak terikat), pengembangan tanah-dasar. Selain itu, material granuler (pondasi dan pondasi bawah) menjadi terkotori oleh butiran halus dari tanah-dasar yang terpompa ke atas bersama air.

Perancangan yang ditinjau dalam aspek geoteknik difokuskan kepada:

  • Pemilihan material lolos air dari lapis pondasi dan pondasi bawa yang tidak sensitif terhadap kelembaban air.
  • Stabilisasi tanah-dasar yang sensitif terhadap peruabahan kadar air.
  • Menyediakan pembuangan air (drainase) yang baik, terhadap air yang berinfiltrasi ke dalam sistem perkerasan.

Hardiyatmo, Hary Christady. 2019. “Perancangan Perkerasan Jalan dan Penyelidikan Tanah”. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada (UGM-Press)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *